• Jl. Raya Angsana-Sobang Km.5 Cimara Desa Padaherang
  • 085-311-115-552
  • dspadaherang@gmail.com
INFO
  • Selamat datang di Website Resmi Sistem Informasi Desa Padaherang Kec. Angsana Kab. Pandeglang - Banten

Kegiatan Rutin Kader Posyandu di Ros 1 Desa Padaherang

09 September 2019 Administrator Berita Desa

PADAHERANG - Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar, untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian Anak.  Kegiatan posyandu diselenggarakan oleh masyarakat kader posyandu desa padaherang yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Angsana. Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan di Desa Padaherang tiap satu kali dalam sebulan dan di Desa Padaherang terbagi menjadi 6 Ros.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Posyandu ini terbagi menjadi dua kategori, untuk balita dan ibu-ibu. Untuk balita, Bentuk layanan tersebut meliputi Penimbangan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan Anak. Penimbangan secara rutin di Posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Selain itu juga dilakukan pemberian Imunisasi pada balita untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang anak-anak, Seperti DCG, DPT, Polio, Hepatitis B, dan juga campak dan pemberian vitamin. 

Sedangkan untuk ibu-ibu fasilitas yang disediakan adalah pemeliharaan kesehatan selama mengandung dan layanan KB serta peningkatan Gizi Ibu hamil dengan pemberian vitamin. dengan adaya Posyandu di Desa Padaherang diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan Fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu monitoring pertumbuhan dan perkembangan balita dan ibu hamil.

Ibu Itoh Rasitoh ketua Kader Posyandu Desa Padaherang mengatakan "Kita melakukan Posyandu ini sebulan sekali tiap minggu pertama. Dalam tiap kegiatan kita mendapatkan pendampingan dari Pusat Kesehatan Masayarakat (PUSKESMAS) Angsana dan bidan desa yang bertugas"

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar