• Jl. Raya Angsana-Sobang Km.5 Cimara Desa Padaherang
  • 085-311-115-552
  • dspadaherang@gmail.com
INFO
  • Selamat datang di Website Resmi Sistem Informasi Desa Padaherang Kec. Angsana Kab. Pandeglang - Banten

Daun Singkong Obat Rematik dan Diare

01 September 2019 Administrator Berita Lokal

Tanaman singkong sudah tak asing lagi di masyarakat. Bagian daun dari tanaman ini diyakini berkhasiat, misalnya bisa membantu melawan rematik dan diare.

Jika digunakan sebagai musuh rematik, yakni lima lembar daun singkong dan seperempat sendok kapur sirih ditumbuk halus. Hasilnya digunakan sebagai bedak (bobok) pada bagian yang sakit. Cara lainnya, yakni satu potong batang ubi kayu direbus dengan lima gelas air sampai mendidih. Setelah tinggal kira-kira empat gelas disaring untuk diambil airnya. Setelah dingin/hangat segera diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Jika untuk diare, tujuh lembar daun ubi kayu direbus dengan empat gelas air sampai mendidih. Setelah air tinggal dua gelas, lalu disaring untuk diambil airnya. Dalam sehari diminum dua kali, pagi dan sore.

Selain daun tanaman singkong, daun ubi jalar pun diyakini berkhasiat. Antara lain bisa digunakan sebagai musuh atau rival bronkitis. Cara pemanfaatannya, cukup memanfaatkan daun ubi jalar sebagai lalaban ataupun disayur. Pasalnya, kandungan vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya diyakini bisa membantu mempercepat menyembuhkan serangan bronkitis.

Daun ubi pun diyakini bisa menghangatkan tubuh, diperkirakan karena ada rasa manis serta nutrisi lainnya. Tak kalah penting, daun ubi jalar mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan, salah satunya jenis vitamin B6. Sebagai obat alami demam berdarah, yakni bisa menggunakan satu ikat daun ubi jalar, lalu direbus dengan satu liter air. Setelah dalam keadaan hangat, disaring dan minum secara rutin air rebusan bahan alami ini sebagai pengganti air minum, yaitu kisaran satu liter setiap harinya.

Sebagai rival sakit tenggorokan, cara membuat ramuannya, yakni daun ubi jalar secukupnya dicuci bersih lalu dijemur hingga benar-benar kering. Selanjutnya di tumbuk sampai halus dan diseduh dengan air panas pada malam hari serta diminum pada pagi hari. Cara ini rutin dilakukan sampai sakit tenggorokannya bisa sembuh, tanpa perlu menggunakan obat berbahan kimia.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar